Cara print pas foto di word supaya sesuai dengan ukuran asli

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara print pas foto di word supaya sesuai dengan ukuran asli". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



TUTORIAL89.com | setelah kemarin kita sudah belajar membuat pas foto dengan photoshop, saatnya sekarang kita mencetak (print) pas foto itu. Untuk mencetak (print) pas foto yang sudah kita buat kemarin, kita akan menggunakan Microsoft word. Artinya dengan melalui Microsoft word inilah kita akan mengeprint pas foto itu.

Terkadang ketika kita mengeprint foto atau gambar di word, ukuran foto atau gambar di tampilan desktop tidak sama dengan hasil printout nya. Kalau yang kita print itu gambar atau foto biasa itu kaga jadi soal, tapi kalau pas foto, kan agak sedikit berabe, soalnya pas foto itu sudah ditentukan ukurannya. Walaupun kita bisa mengakalinya dengan cara manual, yakni menggunting hasil printout supaya sama dengan ukuran pas foto yang dimaksud. Tapi kan itu tidak terlihat professional hehehe….

Nah sekarang bisakah kita mengeprint pas foto supaya sama persis ukuran di desktop sama printout? Jawabannya ya, sangat bisa sekali. Jika sobat tertarik, yuk ikuti tutorial microsoft word berikut ini.

1. Silahkan sobat buka pas foto yang mau di print dengan Microsoft word. Sebagai contoh, saya akan print pas foto 4x6.maka ukuran aslinya adalah 3.8cm x 5.6cm. untuk ukuran pas foto lainnya bisa sobat lihat di Ukuran standar pas foto di Indonesia

2. Klik kanan pada pas foto, kemudian pilih size and options
Cara print pas foto di word supaya sesuai dengan ukuran asli

3. Setelah muncul pengaturan layout atur height menjadi 5.6cm dan width 3.8cm. ini adalah ukuran pas foto 4x6. Jika word sobat masih menggunakan ukuran inch silahkan dirubah dulu menjadi Centimeter caranya sudah di bahas di tutorial cara mengganti ukuran inches ke cm di word
Cara print pas foto di word supaya sesuai dengan ukuran asli

Sampai di sini sobat sudah memiliki pas foto dengan ukuran yang asli yang sudah siap print. untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, saya sarankan untuk mencoba print terlebih dahulu dengan menggunakan kertas biasa, jika sudah oke, baru menggunakan kertas foto.

O ya, untuk menghemat kertas, sebaiknya sobat jangan print pas foto ini satu persatu, tetapi langsung banyak sesuai jumlah pas foto yang diperlukan. Yang kemudian susun supaya rapih dan mudah di potong. Lihat contoh gambar di bawah ini. semoga bermanfaat.
Cara print pas foto di word supaya sesuai dengan ukuran asli