Jumat, Januari 19, 2018

Cara mudah membuat banner dengan photoshop + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah membuat banner dengan photoshop + Video".

tutorial89.com | Jika sobat sudah terbiasa bermain di internet, tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya banner. Sobat sering melihat banner pada situs atau blog yang sobat kunjungi. Biasanya banner itu berisi informasi, iklan, ajaka dan lain-lain.

Banner yang sering sobat lihat biasanya banner dengan ukuran 300 x 250, 728 x 90, 300 x 600, 468 x 60, 250 x 250 dan ukuran lainnya yang bisa sobat sesuaikan dengan template sobat. Adapun adsense merekomendasikan ukuran banner yang dipakai adalah 728 x 90, 336x280, 320 X 100, 300 x 600 dan 300x 250.

Cara mudah membuat banner di photoshop

Membuat banner dengan photoshop bukanlah hal yang sulit. Yang penting kita sudah punya konsep “apa yang akan kita tulis di banner itu”. Kemudian kita mendesain banner tersebut supaya para pengunjung tertarik untuk melihat dan akhirnya mengklik banner itu. Jika sobat tertarik membuat banner dengan menggunakan photoshop, mari ikuti step by step tutorial photoshop berikut ini.

Cara membuat banner dengan photoshop

Pada praktek membuat banner dengan photoshop kali ini, saya akan membuat banner tentang kursus bahasa inggris online yang menyediakan gratis satu bulan dengan ukuran banner 468 x 90 pixel, yang nantinya akan saya pasang di samping header blog ini. Saya akan membuat banner tanpa menggunakan gambar, murni permainan background dan tulisan saja. Caranya adalah sebagai berikut’

1. Buka photoshop sobat, kemudian buatlah document baru dengan klik Ctrl+N kemudian buatlah ukuran 486 x 90 (ukuran banner yang akan kita buat) lihat gambar berikut ini.
Cara mudah membuat banner di photoshop

2. Doble klik layer background untuk membuaka gembok. Supaya kita bisa mengeditnya.
Cara mudah membuat banner di photoshop

3. doble klik layer o kemudian klik gradient overlay lalu atur seperti gambar berikut ini
Cara mudah membuat banner di photoshop

4. Buatlah objek persegi panjang dengan menggunakan rectangle tool (U) lalu putar 45o sehingga menjadi seperti ini. cara memutar objek sudah pernah saya bahas pada tutorial Cara membuat poster dengan photoshop
Cara mudah membuat banner di photoshop

5. Silahkan tambahkan style gradient bevel and emboss dan drop shadow pada persegi panjang yang tadi sobat buat. Caranya seperti pada nomor 3 diatas.

6. Untuk selanjutnya silahkan tambahkan tulisan yang diperlukan dengan menggunakan Horizontal type tool (T), contohnya saya menambahkan tulisan “KURSUS BAHASA INGGRIS ONLINE gak DAFTAR rugi… FREE 1 BULAN” sehingga hasilnya menjadi seperti berikut ini.
Cara mudah membuat banner di photoshop

Sobat juga bisa menambahkan desain dan tulisan berkedip jika diperlukan. Unuk tulisan berkedip tutorialnya bisa sobat baca di Cara membuat tulisan berkedip di photoshop. Dan hasil banner buatan saya adalah sebagai berikut.

Cara mudah membuat banner di photoshop

Sampai disini sobat sudah berhasil membuat banner dengan photoshop, silahkan di Save dalam format JPG atau Gif jika banner animasi. Semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat banner di photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih