Cara membuat poster dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat poster dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | Pada tutorial photoshop kali ini, saya akan mencoba share “cara membuat poster dengan photoshop”. Poster yang akan saya buat adalah poster bertemakan  “dilarang meroko”. poster dilarang merokok yang akan saya share ini adalah poster sederhana peringatan larangan merokok disebuah kawasan tertentu. jadi nantinya poster larangan merokok ini bisa di printout dan ditempel di tempat-tempat kawasan bebas asap rokok. Seperti di dalam rumah, di tempat ibadah, di dalam stasiun, di dalam mall, dan di tempat-tempat pelayanan publik lainnya. Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh poster larangan merokok di dalam mall. Poster ini lah yang akan saya share tutorial membuatnya dengan photoshop.

Cara membuat poster dengan photoshopSebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, sekarang ini pemerintah sudah mengeluarkan peraturan, diharuskan memasang gambar peringatan menyeramkan di bungkus rokok. Akan tetapi seakan gambar itu tak memiliki efek jera bagi pelakunya. Malah semakin tahun penikmat rokok semakin banyak. Ya… namanya juga sudah kecanduan, mau dikatain apa juga tetep aja diisep.

Nah, sebagai partisipasi saya dalam rangka sey no to smoking and don’t buying cigarette, saya akan membuat poster dilarang meroko ini. Dan membuat tutorial “cara membuat poster dengan photoshop”. Minimal saya bisa mengingatkan orang-orang terdekat saya untuk tidak merokok. Yuk, bebaskan lingkungan kita dari asap rokok…

Apa itu poster?

Ok, sebelum kita memulai membuat poster, sedikit saya akan menjelaskan, sebenarnya poster itu apa sih?... menurut yang saya baca di KBBI, poster adalah surat pengumuman berupa sebuah gambar atau tulisan yang ditempel di dinding, tembok dan tempat-tempat umum untuk penyebaran yang lebih luas.

Sedangkan poster menurut Wikipedia adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Cara membuat poster dengan photoshop

Pada tutorial photoshop kali ini saya akan membuat poster sederhana, tanpa gambar atau foto yang menyeramkan. Poster ini sangat sederhana sekali. Akan tetapi tujuan akhir dari tutorial membuat poster dengan photoshop ini adalah gambar poster di printout dan ditempel di tembok atau papan pengumuman. Jadi tidak hanya menuh-menuhin memory computer doang. Ok langsung ke TKP

1. Buka photoshop sobat, kemudain klik Ctrl+N kemudian aturlah seperti gambar berikut ini.
Cara membuat poster dengan photoshop
Keterangan:
Name             : isi dengan Poster roko (optional)
Present           : international paper
Size                : A3
Width             : 297 mm (lebar A3)
Height            : 420 mm (panjang A3)
Resolution      : 300 pixels/inch supaya hasil printout poster tidak pecah atau buram
Color mode   : CMYK Color *kebanyakan mesin printer menggunakan color mode CMYK jadi supaya warna hasil desain sama dengan warna hasil printout
Background    : white (optional)

2. Kemudian buatlah gambar lingkaran berwarna merah seperti dibawah ini dengan menggunakan costume shape tool (U).
Cara membuat poster dengan photoshop

3. Lalu buatlah gambar persegi panjang warna merah dengan menggunakan rectangle tool (U)
Cara membuat poster dengan photoshop

4. Atur rotasi gambar persegi panjang tadi menjadi 45O sehingga gambar persegi manjang menjadi miring seperti gambar di bawah ini.
Cara membuat poster dengan photoshop
Keterangan:
1. klik move tool (V)
2. Klik gambar kotak kecil
3. isi kolom set rotation menjadi 45

5. Sekarang buatlah gambar rokok seperti gambar dibawah ini. Sobat bisa menggunakan rectangle tool (U) untuk membuatnya. Caranya sama seperti yang atas. Pastikan gambar layer rokok berada di bawah layer lingkaran dan persegi panjang yang tadi sobat buat. *untuk memindahkan posisi layer sibat tinggal men-drop and drag saja layer yang mau dipindah.
Cara membuat poster dengan photoshop

6. Sekarang kita akan membuat asap roko. Buatlah tiga persegi panjang warna hitam dengan menggunakan certangle tool (U). atur posisinya seperti gambar berikut ini.
Cara membuat poster dengan photoshop

7. Blok seluruh layar asep rokok tadi (klik layer yang paling bawah+shift lalu klik layer yang paling atas) kemudian klik Ctrl+E untuk menggabungkan seluruh layer yang di block.

8. Kemudian atur gambar asap rokok agar seperti tampak pada gambar di bawah ini.
Cara membuat poster dengan photoshop
Ketarangan :
1. klik move tool (U)
2. klik kotak kecil
3. klik icon switch between free transform to warp modes
4. klik gambar segitiga kemudian pilih flag
5. klik icon change the warp orientation

9. Sekarang tambahkan tulisan “you are entering a no smoking area | anda memasuki area bebas asap rokok” atau tulisan lainnya, terserah sobat.
Cara membuat poster dengan photoshop

10. Klik Ctrl+S untuk menyimpan file kemudian pilih format *PDF

Sampai di sini, sobat sudah selesai membuat poster dilarang merokok, sekarang sobat tinggal mengeprintnya di tempat pengeprintan. Biasanya ukuran A3 dengan kertas art carton harganya cuma Rp.5.000,-/lembar. Jangan lupa setelah diprint untuk menempelnya di tempat "kawasan bebas asap rokok", supaya tempat sobat terbebas dari asap rokok.

Contoh poster dilarang merokok

O ya… di bawah ini ada beberapa contoh poster dilarang meroko lainnya yang mungkin bisa menambah insfirasi sobat dalam membuat poster.

Cara membuat poster dengan photoshop Cara membuat poster dengan photoshop Cara membuat poster dengan photoshop Cara membuat poster dengan photoshop Cara membuat poster dengan photoshop Cara membuat poster dengan photoshop