Cara membuat cover DVD dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat cover DVD dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara membuat cover DVD dengan photoshop | masih ingat dengan postingan beberapa waktu yng lalu, waktu saya membahas cara membuat label CD/DVD dengan photoshop, dengan ditambah label, sebuah CD atau DVD kita terlihat lebih professional, layaknya CD-cd di toko, hehehe….. Nah supaya lebih terlihat professional lagi, kita tambahkan cover pada sampul DVD yang kita buat. Pasti hasilnya akan lebih cihui….

Sama seperti tutorial membuat label CD, di tutorial membuat cover DVD ini kita akan menggunakan photoshop sebagai software pengolah gambarnya. Jadi bagi sobat yang belum menginstal photoshop, silahkan diinstal dulu yah software photoshopnya.

Cara membuat cover DVD dengan photoshopOya, di sini saya hanya akan membuatkan tutorial rumus membuat cover DVD saja ya, bukan menuntun sobat mendesain cover DVD, soalnya setiap gambar pada Cover DVD pasti berbeda. Hal itu disesuaikan dengan apa yang ada di dalam dvd sobat masing-masing. Jadi ingat, saya hanya akan menshare rumus cara membuat cover DVD. Sedangakan untuk desain DVD, bisa sobat kerjakan sendiri.

Mungkin sebagai bahan belajar, sobat bisa membaca tutorial-tutorial photoshop yang ada di blog ini. Sobat bisa menuju ke menu tutorial photoshop, disana ada beberapa trik menggunakan photoshop. Termasuk trik-trik mengedit berbagai tulisan di photoshop. Jika sudah faham atas apa yang akan saya share kali ini, mari kita lanjutkan dan menuju ke teKaPe. Yakni membuat cover Dvd dengan menggunakan photoshop.

Cara mudah membuat cover DVD dengan photoshop.

Sebenarnya cara membuat cover dvd ini sama seperti pada waktu kisa mambahas cara membuat cover buku dengan photoshop, hanya saja ukurannya yang berbeda. Kalau dulu kita membuat cover buku dengan ukuran A5, sekarang kita akan membuat cover DVD dengan ukuran 13x18.5 cm. jadi bagi sobat yang pernah membaca tutorial membuat cover buku dengan photoshop akan lebih mudah mengikuti tutorial membuat cover DVD ini.

1. Silahkan sobat buka photoshop sobat, kemudian klik Ctrl+N untuk membuat lembaran kerja baru. Lalu aturlah width menjadi 27cm dan height  18.5 cm. ini adalah ukuran cover DVD standar. pada kolom resolution isi dengan angka 300, untuk menghindari gambar yang dihasilkan pecah.
Cara membuat cover DVD dengan photoshop

2. Buatlah gambar persegi panjang (untuk ketebalan cover DVD) dengan ukuran 1 cm x 18.5 cm. pastikan gambar tersebut berada tepat di tengah-tengah yakni di angka 14-15 cm. beri warna hitam supaya lebih mempermudah. Sobat bisa menggunakan rectangle tool (U) untuk membuat persegi panjang ini.
Cara membuat cover DVD dengan photoshop

3. Sampai disini, sobat sudah berhasil membuat pola cover DVD, sekarang tinggal proses desainnya. Pada kolom kanan isi dengan gambar judul dvd sobat dan tulisan-tulisan lainnya. Pada kolom tengah isi dengan isi dengan judul dvd lagi, untuk mempermudah ketika diletakan secara berdiri. Dan di kolom kiri isi dengan deskripsi dvd sobat.
Cara membuat cover DVD dengan photoshop

4. Sebagai contoh sobat bisa melihat cover dvd buatan saya, yang isinya tentang kajian “membedah shirathal Mustaqiem”.
Cara membuat cover DVD dengan photoshop

5. Setelah semuanya dirasa cukup silahkan sobat print gambarnya. Bisa diprint sendiri, bisa juga di­print di tempat pengeprintan.

Bagaiman… mudah sekali bukan membuat cover dvd sendiri dengan menggunakan photoshop. Kini koleksi video sobat akan terlihat lebih menarik dengan ditambahkannya cover dan label. Selaman mencoba.