Cara membuat tombol share melayang di blog

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat tombol share melayang di blog". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara membuat tombol share melayang di blog | setelah pada beberapa hari yang lalu saya share cara mudah membuat tombol share di bawah posting dengan menggunakan fasilitas yang diberikan sharethis, kali ini saya akan kembali share “cara mudah membuat tombol share”. Tetapi yang akan saya share kali ini adalah membuat tombol share melayang di blog, yang tombol share itu akan terus menempel ketika di scroll.

Dalam bahasa inggris namanya di sebut floated share button yang bila diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti; tombol berbagi melayang. Ini artinya tombol share ini akan tetap ditempatnya walau kita men scroll sampai bawah template. Kayanya sobat sudah pada tahu deh… J, ah daripada menimbulkan kesalah fahaman, karena saya yang kurang pandai menjelaskan, lebih baik sobat langsung saja lihat gambar di bawah ini. Atau bisa langsung lihat demonya di blog belajar bahasa inggris.

Cara membuat tombol share melayang di blog

Setelah sobat melihat gambar dan demo floated share button sekarang mari kita langsung membuat tombol share melayang itu. Caranya mudah sekali kok, yuk ikuti tutorial berikut ini;

Cara membuat tombol share melayang di blog

Membuat tombol share melayang di blog kali ini, kita akan membuatnya dengan fasilitas yang telah disediakan oleh shareholic. Hanya beberapa langkah tombol share ke berbagai social media dengan berPR tinggi pun langsung terpasang di blog kita. Jadi kalo kita mau share ke berbagai social media berPR tinggi, tak perlu lagi membuka situs sosmed satu persatu. Cukup buka artikel yang akan kita share, kemudian pilih sosmed tempat kita akan bagikan artikel kita. Sangat mudah dan hemat waktu bukan…? Caranya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan sobat masuk ke situs  shareaholic.com kemudian pilih signup jika belum pernah mendaftar di shareholic.
Cara membuat tombol share melayang di blog

2. Setelah proses pendaftaran berhasil, silahkan sobat klik add website, lalu isikan data-data yang diperlukan. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini
Cara membuat tombol share melayang di blog
Pada kolom DOMAIN isikan dengan URL blog sobat. NAME isi dengan nama yang sobat inginkan. PLATFORM isi dengan blogger, jika sobat pake blogger. Isi juga CONTENT CATEGORY dan CONTENT LANGUAGEnya. Jika semuanya sudah diisi, lalu klik continue.

3. Klik tombol Get Setuo Code kemudian copy seluruh code yang telah diberikan.
Cara membuat tombol share melayang di blog

4. Masuk ke blogger.com > template > edit HTML kemudaian cari kode </head> *untuk mempermudah pencarian klik Ctrl+F kemudian tulis </head> (kode yang ingin di cari). Setelah ketemu, pastekan code tadi tepat diatas kode </head>. Lalu simpan template.
Cara membuat tombol share melayang di blog

4. Kembali lagi ke web shareholic, klik verify site, jika berhasil tombol verity site akan hilang dan di samping URL blog sobat akan ada tanda ceklis warna hijau.
Cara membuat tombol share melayang di blog

5. Sekarang aktifkan tombol floated share buttons sehingga menjadi hijau.
Cara membuat tombol share melayang di blog

Sampai disini selesai sudah sobat membuat tombol share melayang (floated share button). Untuk melihat hasilnya, silahkan sobat kunjungi blog yang tadi sobat daftarkan.

O ya, dengan shareholic ini juga sobat bisa membuat tombol share di bawah posting, sama seperti membuat tombol share di bawah posting dengan sharethis. Hanya berbeda cara penempatan kodenya saja. Untuk lebih jelasnya silahkan dicoba-coba sendiri aja yah. Semoga berhasil.