Cara membuat laman submit artikel di blog

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat laman submit artikel di blog". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara membuat laman submit artikel di blog | submit artikel atau kalau diartikan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia berarti mengirim artikel ini berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung sebuah blog untuk ikut serta berfartisipasi menjadi penulis tamu. Sehingga tulisan mereka bisa langsung terpublis tanpa harus terdaftar terlebih dahulu menjadi penulis blog kita.

Jika sobat berkunjung ke situs social bookmark seperti lintas.me, infogua dll pasti sobat akan menemukan fasilitas untuk submit artikel semacam ini. Jadi dengan submit artikel ini kita juga bisa membuat sosbook dengan menggunakan blogspot, blog gratisan dari google.

Untuk melihat demonya silahkan sobat bisa berkunjung ke => submit sitemap blogger gratis, di sana sobat akan menemukan contoh form submit artikel yang dibuat dengan cara yang akan saya bahas kali ini. Dan klik => belajar bahasa inggris untuk melihat hasil dari submit artikel. Jika sobat tertarik yuk kita mulai membuat submit artikel di blognya.

Cara membuat laman submit artikel di blog

Dalam membuat submit artikel di blog ini kita akan melalui tiga tahapan. Yang pertama adalah membuat email rahasia blog kedua adalah membuat form submit artikel dan yang ketiga adalah memasang form  submit artikel di blog kita. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Membuat email rahasia blog

Email rahasia ini adalah berfungsi untuk menerima kiriman dari submit artikel yang nanti akan kita buat. Cara membuatnya adalah.

Buka blogger.com > stelan > seluler dan email kemudian isikan kolom secretWord dengan kata yang sobat sukai, ini nantinya akan menjadi email rahasia sobat. *simpan baik-baik email ini jangan sampai para spamer mengetahuinya
Cara membuat laman submit artikel di blog

Di sini sebagai contoh saya menambahkan kata tutorial89 pada kolom secretWord sehingga email rahasia blog saya adalah catatanuj.tutorial89@blogger.com. Kemudian klik segera publikasikan email jika sobat ingin mempublikasikannya secara langsung dan klik simpan email sebagai draf entri jika sobat ingin kiriman artikelnya di edit terlebih dahulu. Jangan lupa untuk klik Save atau simpan.

Sampai disini sobat sudah sukses membuat email rahasia simpan email ini nanti kita akan membutuhkannya untuk membuat submit artikel.

Membuat form submit artikel untuk blogger

Form submit artikel ini adalah yang pengunjung jadikan tempat mengirim artikel mereka ke blog kita. Di sini kita akan menggunakan pihak ketiga untuk membuat submit artikel. Karna itu lebih mudah dan lebih praktis. Oke langsung aja caranya sebagai berikut.

1. Silahkan sobat masuk ke http://www.jotform.com/myforms/ walaupun tidak harus daftar, tapi saya sarankan supaya sobat daftar terlebih dahulu unutk mengedit dikemudian hari.
2. jika sudah daftar (gak daftar juga bisa) klik crate form > use template > pilih template yang subat sukai > continue
Cara membuat laman submit artikel di blog
Silahkan sobat atur sendiri ya, sampai sesuai dengan apa yang sobat kehendaki… caranya gampang kok. Jadi saya gak perlu membimbingnya step by step.

3. Jika form submit artikelnya sudah dibuat, sekarang klik setuo & embed > email alerts > add new email > notifier kemudian akan tampil gambar seperti ini
Cara membuat laman submit artikel di blog
Sender Name : biarkan
Sender Email: noreply@jotform.com
Reply-to-email: biarkan
Recipient e-mail: Masukkan email rahasia yang sudah sobat  buat tadi

4. Sobat akan masuk ke format penerimaan email. Hapus semua yang ada dan atur seperti gambar berikut ini
Cara membuat laman submit artikel di blog
Sobat juga bisa mengeditnya sesuai keinginan sobat. Silahkan dicoba-coba untuk mengetahui lebih jauh fungsi dari masing-masingnya.

5. klik embed form > embed kemudian copy kode yang tersedia
Cara membuat laman submit artikel di blog

Sampai disini sobat sudah selesai membuat form submit artikel. Berlanjut ke tahap terakhir yaitu memasang kode tadi pada sebuah laman blog sobat juga bisa memasangnya pada widget blog.

Memasang form submit artikel di laman blogger

Ini adalah tahap terakhir. Sobat bisa menyimpannya di laman blogger sobat atau di entri baru bahkan di sebuah widget blogger. Saya rasa ini pekerjaan yang mudah jadi saya tidak perlu membahas step by stepnya. Sobat tinggal meng copu paste kode yang tadi di buat ke laman baru atau entri baru blog sobat. Pastikan saat mengcopy dalam posisi HTML.  Dan hasilnya akan menjadi seperti ini.

Cara membuat laman submit artikel di blog