Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara mudah membuat gambar bergerak dengan photoshop | pada tutorial photoshop kali ini saya akan share bagaimana caranya membuat gambar bergerak dengan menggunakan photoshop. Sobat pasti pernah dong melihat sebuah gambar yang bisa bergerak, seakan-akan gambar itu hidup. Ternyata gambar bergerak seperti itu bisa dibuat dengan sangat mudah dengan bantuan software adobe photoshop.

Tapi semudah apapun itu, bila tidak tahu rumusnya akan merasa kesulitan untuk membuatnya. Nah di tutorial photoshop kali ini saya akan sedikit share rumusan-rumusan membuat gambar bergerak dengan menggunakan software photoshop. Gambar bergerak ini nantinya bisa subat gunakan untuk gambar pada sebuah presentasi di microsoft PowerPoint, atau bisa juga dijadikan foto profil twitter. pokonya banyak deh kegunaan dari gambar bergerak ini. Jika sobat tertarik, mari kita belajar photoshop bersama, tapi sebelumnya silahkan lihat dulu demo gambar bergerak dibawah ini yang dibuat dengan menggunakan software adobe photoshop.
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

Cara mudah membuat gambar bergerak dengan menggunakan photoshop

Pada contoh tutorial photosho kali ini, saya akan membuat gambar batrai yang sedang mengecas, gambar yang sering sobat lihat di hand phone (Hp) sobat ketika sedang mengecas.

1. Buka photoshop sobat dan buatlah document baru. Klik Ctrl+N, saya menggunakan ukuran 600x300.
2. Buatlah sebuah 2 objek persegi panjang dengan mengunakan rounded rectangle tool (U), yang satu besar dan yang satunya kecil, sehingga menyerupai gambar batrei. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini!
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

3. Buatlah 3 objek persegi panjang warna putih dengna menggunakan rectangular tool (U), gambar ini yang nantinya akan kita jadikan gambar batri yang sedang mengecas. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

4. Aktifkan menu animasi dengan cara klik windows > animation
5. Buatlah dua frame baru dengan cara klik duplicates selected frames
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

6. Klik frame 1 kemudian hidden gambar persegi panjang 2 dan 3, dengan cara mengklik icon mata. Sedang kan untuk frame 2 yang di hidden adalah gambar persegi panjang 3, dan pada frame 3, tanpa ada yang di hidden.
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

7. Blok seluruh frame dengan cara klik frame 1 sambil di klik shift pada keyboard kemudian klik frame 3. Lalu rubah delay nya menjadi 0.2 second dan loopingnya menjadi forever. Klik icon play untuk melihat hasilnya. *sobat juga bisa menrubah warna dan tambahan fariasi lainnya, silahkan dikembangkan sendiri ya… J
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

8. Jika sudah selesai, silahkan save dengan cara klik Ctrl+Shift+Alt+S kemudian pilih format *Gif lalu klik SAVE.
Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop

Sampai di sini sobat sudah berhasil membuat gambar yang bisa bergerak. Gambarnya terlihat lebih hidup, karna bisa bergerak hehehe… Di bawah ini adalah contoh gambar batrei yang sedang dicas, dibuat dengan menggunakan photoshop, caranya sama seperti tutorial photoshop di atas. Silahkan dikembangkan sendiri yah. Selamat berkreatifitas.

Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop