Minggu, Juni 18, 2017

Cara mudah membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri".

Tak terasa sekarang sudah memasuki 10 hari terakhir di bulan suci ramadhan, sebentar lagi kita akan meninggalkannya dan memasuki bulan baru, yaitu bulan syawal. Tepat tanggal 1 syawal nanti, seluruh umat islam akan merayakan hari raya idul fitri 1435 H.

Di hari yang fitri itulah biasanya dijadikan momentum untuk saling maaf memaafkan antara satu sama lain. Bagi yang bis bertatap muka dengan sanak saudara sungguh bahagia sekali rasanya, tapi bagi mereka yang terpisah jauh oleh jarak, bukan suatu alasan untuk tidak saling bersilatuhrahmi. Kita bisa melakukannya melalui telephon, sms bahkan melalui jejaring social seperti Facebook, twitter dan sebagainya.

Saling berbagi kartu ucapan selamat hari raya idul fitri adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, selain silaturahmi kita makin asyik, kita juga bisa lebih kreatif dalam menyampaikan maaf kita kepada si “dia”.

Bagi sobat yang mau saling berbagi kartu ucapan selamat hari raya idul fitri, mari kita buat sekarang. Masukan kata-kata yang sobat inginkan ke dalam kartu itu, dan bagikan kepada orang-orang tersayang sobat. Bagi sobat yang mau langsung mendownload beberapa kartu ucapan lebaran yang pernah saya buat, silahkan langsung meunju ke koleksi kartu ucapan selamat hari raya idulfitri atau lebaran.

Membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri

Cara membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri 1435 H

Software yang akan saya gunakan untuk membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri 1435 H ini adalah adobe photoshop Cs.4 dan memanfaatkan fitur shape photoshop. Shape photoshop yang saya gunakan namanya shape photoshop 30 islamic mosque, bagi sobat yang belum memiliki shape photoshop 30 islamic mosque silahkan didownload dulu. => download shape photoshop 30 islamic mosque.

Setelah sobat download shape photoshop 30 islamic mosque, sekarang copykan file 30_islamic_mosque.csh ke C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS4\Presets\Custom Shapes

Setelah siap, baru kita memulai membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri 1435 H ini.

1. Buka photoshop sobat dan buatlah lembar kerja baru dengan klik Ctrl+N. di sini saya membuat 600 x 400 px. Dengan background putih
2. Buatlah persegi panjang dengan warna hitam dengan menggunakan rectangular tool (U), lihat gambar.
Membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri

3. Masukan gambar mesjid dengan menggunakan custome shape tool (U), ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
Membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri

4. Rubah layer background menjadi layer dengan cara doble klik.
5. Dobel klik layer 0 yang tadi di rubah, sehingga muncul layer style.
6. Selanjutnya ikuti langkah-langkah pada gambar di bawah ini
Membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri
1. klik gradient overlay
2. klik untuk merubah warna gradient
3. dobel klik untuk merubah warna bawah kemudian pilih warna yang disukai
4. dobel klik untuk merubah warna atas lalu pilih warna yang di ingnkan
Selebihnya silahkan dicoba-coba sendiri…

7. Tambahkan kata-kata ucapan sobat, di sini saya menuliskan “Ku tak mengharap hadiah apapun darimu, hanya sebuah pemberian maaf yang dating dari lubuk hatimu. Mohon Maaf lahir dan batin”. Sobat juga bisa menambahkan tulisan arab supaya lebih terlihat islami. Jika belum tahu caranya, bisa dilihat di => cara memasukan tulisan arab di photoshop.
8. Dan inilah hasil akhir ucapan selamat hari raya idul fitri 1435 H yang saya buat. Mana kartu ucapan selamat hari idul fitri buatanmu.    Heheh….
Membuat kartu ucapan selamat hari raya idul fitri

Semoga tutorial photoshop sederhana “cara membuat kartu ucapan hari raya idul fitri” ini bisa menjadi insfirasi, bersilaturahmi dengan cara yang kreatif. Walau hasilnya sangat sederhana, tapi karya sendiri. Selamat hari raya idul fitri 1435 H. minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin.