Sabtu, Maret 10, 2018

Cara mewarnai garis pinggir (stroke) teks di photoshop + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mewarnai garis pinggir (stroke) teks di photoshop + Video".

Tutorial photoshop | kalau  sobat sering menggunakan Microsoft word, pasti sudah tidak asing lagi dengan mewarnai garis luar teks ini. Di dalam Microsoft word mewarnani  pinggiran teks atau tulisan ini bisa mengaturnya pada  Shape Outline. Sekarang Bagaimana dengan photoshop… Apa ada juga itu shape outline…?

Di dalam photoshop juga ada cara untuk mewarnai garis luar teks atau tulisan ini, namun namanya bukan shape outline . namanya adalah stroke.

Di stroke inilah kita bisa mengatur warna untuk garis luar sebuah teks atau tulisan di photoshsop. Dan trik itulah yang akan saya share pada pertemuan kali ini. Jika sobat masih belum faham apa yang akan saya share, silahkan lihat gambar demo di bawah ini, semoga dengan gambar ini sobat bisa memahami apa yang akan saya share kali ini. Jika sobat tertarik baru di lanjutkan ke tutorialnya.

Cara mewarnai garis pinggir (stroke) teks di photoshop + Video

Cara mewarnai garis luar teks pada photoshop

1. Buka photoshop sobat dan buatlah document baru dengan cara klik Ctrl + N pada keyboard
2. Buatlah dengan menggunakan horizontal type tool (T) , sebagai contoh di sini saya membuat tulisan “Warna Garis Pinggir Teks”
Cara mewarnai garis pinggir teks pada photoshop

3. Klik kanan layer “Warna Garis Pinggir Teks” kemudian pilih blending options… atau bisa juga dengan cara doble klik terserah pilih yang menurut sobat paling gampang aja.
Cara mewarnai garis pinggir teks pada photoshop

4. Klik stroke kemudian silahkan atur yang di perlukan, setelah semuanya diatur silahkan klik Ok dan lihat hasilnya.
Cara mewarnai garis pinggir teks pada photoshop

Keterangan ;

Size =  untuk menentukan besar kecilnya garis pinggir
Position = untuk mengatur posisi garis,  outside = garis ada di luar teks,  inside = garis ada di dalam teks,  center =  garis berada di tengah teks.
Blend mode = mode mencampur dengan warna background
Opacity =  untuk mengatur opacitinya *sama dengan waktu membahas membuat teks transparan
Fill type =  tipe warna, Di sini ada tiga pilihan color, gradient, pattern. Silahkan coba sendiri.

Sampai di sini sobat sudah bisa mewarnai garis luar pada teks. Cara ini juga bisa di aplikasikan pada objek dan gambar, caranya sama dengan tadi. Silahkan di kembangkan sendiri ya…. Semoga bermanfaat.

Tutorial video mewarnai garis pinggri di photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih