Cara mengetik tulisan arab di photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mengetik tulisan arab di photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop – Sebagaimana yang kita ketahu bersama, sampai saat ini photoshop belum support tulisan arab langsung. Walaupun bisa mengetik tulisan arab, hasilnya akan terbalik karena urutannya dari kiri ke kanan seperti tulisan latin biasa, bukan dari kanan ke kiri.

Tetapi sobat tidak perlu khawatir, dengan trik yang akan saya share pada kesempatan kali ini, masalah sobat akan teratasi dan dijamin sobat akan dengan mudah memasukan tulisan arab kedalam photoshop. Jika sobat mau membuat wallpaper islamic trik ini sangat bermanfaat sekali.

Sebenarnya ada banyak cara memasukan tulisan arab pada photoshop ini, tetapi di sini, saya akan berikan 3 cara memasukan tulisan arab ke dalam photoshop. Jika sobat tertarik yuk ikuti terus tutorial photoshop kali ini, tapi sebelumnya silahkan dilihat dulu demonya di bawah ini. Setelah puas baru melanjutkan ke tutorial mengetik tulisan arab di photoshop. *secara tidak langsung

Cara mengetik arab di photoshop

Tiga cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop


1. Cara memasukan tulisan arab ke dalam photoshop dengan menggunakan brushes kaligrafi

Cara mengetik arab di photoshop
Cara ini terbilang sangat mudah sekali. Sobat tinggal membuka gambar yang akan di beri tulisan arab (kaligrafi) kemudian aktifkan brushes tool dan pilih brushes kaligrafi yang sobat inginkan. Jika sobat belum memiliki brushes kaligrafi, silahkan mampir ke koleksi brushes photoshop dan pilih brushes kaligrafi yang di inginkan.

Kekurangan dari cara ini adalah, soabt tidak bisa membuat tulisan sesuai keinginan sobat, karena tulisan arabnya sudah jadi dan tidak bisa diedit.

2. Cara memasukan tulisan arab ke dalam photoshop dengan menggunakan font kaligrafi

Cara mengetik arab di photoshop
Cara yang kedua ini juga tidak kalah mudahnya dengan cara yang pertama. Bedanya, kalau yang pertama menggunakan brushes tool yang kedua ini menggunakan  horizontal type tool alias memanfaatkan font kaligrafi yang sudah jadi. Sobat bisa mendapatkan font kaligrafi di koleksi font kaligrafi.

Kekurangan dari cara yang keduapun sama dengan cara yang pertama, font kaligrafi itu sangat terbatas dan kita tidak bisa membuat tulisan arab sesuai yang kita harapkan.

3. Cara memasukan tulisan arab ke dalam photoshop dengan menggunakan PDF

Cara mengetik arab di photoshop
Cara yang ke tiga ini agak panjang dari kedua cara di atas, karena memang di cara yang ketiga ini, kita akan mengetik sendiri tulisan arabnya, sehingga akan sesuai dengan apa yang kita ingin ketikan. Maksudnya mengetik di sini tentunya tidak langsung menggunakan photoshop, melainkan memakai perantara. Perantara yang akan kita gunakan adalah menggunakan Microsoft word.

Sebelum mengetik tulisan arab di Microsoft word, terlebih dahulu, computer sobat harus sudah di aktifkan keybord Arabic nya. Jika computer sobat belum diaktifkan keyboard Arabic nya, silahkan baca "cara menambah keyboard Arabic pada windows". Atau jika sobat hanya ingin memasukan ayat-ayat al Quran saja, bisa baca artike "cara memasukanayat-ayat al Quran di Microsoft word". Setelah semuanya siap baru kita muali memasukan tulisan arab ke photoshop.

1. Buka Microsoft dan buatlah document baru (ctrl+N)
2. Ketik tulisan arab yang sobat kehendaki. Pastikan keyboard yang aktif adalah Arabic (AR)
3. setelah tulisan jadi, silahkan convert menjadi PDF. Tutorialnya sudah saya share di "cara merubah file word menjadi PDF".
4. Buka folder tempat menyimpan file pdf yang sobat buat tadi.
5. Klik kanan file PDF tadi kemudian pilih open with…/photoshop
Cara mengetik arab di photoshop
6. Silahkan atur sendiri, yang harus di perhatikan adalah pada kolom Resolution, supaya tulisan arabnya tidak pecah isi kolom ini dengan angka yang besar. Setelah pengaturan selesai klik Ok.
Cara mengetik arab di photoshop

Sekarang tulisan arab sudah siap, untuk selanjutnya saya serahkan tulisan arab itu kepada sobat mau diapaakan. Itulah tiga trik memasukan tulisan arab ke dalam photoshop, silahkan dikembangkan sendiri. Semoga bermanfaat.