Rabu, Maret 07, 2018

Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop + Video".

Tutorial photoshop | setelah pada kesempatan yang lalu saya share cara membuat tulisan transfaran, di kesempatan kali ini saya akan share cara membuat tulisan berefek cermin dengan menggunakan photoshop.

Ngomong-ngomong sobat tahu kaga efek cermin….? J J just kidding, tentunya pada tahu dong. Masa kaga tahu, kan tiap pagi sobat mampir tuh kedepan cermin, hehehee…. So apakah pada tutorial kali ini saya akan mengajak bercermin…? Tentu tidak. Di sini saya akan mengajak sobat membuat tulisan berefek cermin, yang nantinya itu tulisan akan memiliki bayangan, sama halnya dengan sobat ketika bercermin pasti menghasilkan bayangan bukan.

Nah, sebelum kita menuju tutorial photoshopnya, sekarang silahkan sobat lihat dulu demonya, kalau tertarik baru dilanjutkan, kalau tidak yah…. Dilihat-lihat aja deh.
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop + Video
Setelah melihat demonya dan yakin ingin membuatnya, sekarang mari kita mulai ke tutorialnya. Disimak baik-baik ya!

Cara membuat tulisan berefek cermin atau reflection

1. Bukalah photoshop sobat dan buatlah lembar kerja baru (Ctrl+N)
2. Buatlah tulisan dengan menggunakan horizontal type tool (T). sebagai contoh ane mengetik “efekcermin – tutorial89” sehingga hasilnya menjadi seperti ini. *silahkan setting warna, type sizenya terserah sobat
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop

4. Setelah pengaturan tulisan selesai, saatnya sekarang meng copy tulisan yang tadi sobat buat dengan cara klik Ctrl+J pada keyboard secara bersamaan.
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop

5. Aktifkan move tool (V), pilih layer “efek cermin copy” kemudian klik-kan kursor pada segi empat kecil sehingga menjadi seperti ini
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop

6. Perhatikan menu bar yang ada di atasnya, ganti angka yang ada pada kolom H menjadi -125%, kemudian geser tulisan yang sudah di balik ke bawah, hingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop
7. Klik kanan pada layer ‘efek cermin copy’ kemudian pilih rasterize type
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop

8. Rubah fill-nya menjadi 75% (sudah di bahas di tutoprial membuat teks transparan pada photoshop)
9. Klik erase tool (E) , kemudian klik segi tiga kecil, dan atur hardness menjadi 0%
Cara membuat tulisan berefek cermin dengan photoshop

10. Sapukan pada tulisan bagian bawah “efek cermin” sehingga hasilnya menjadi seperti gambar diatas artikel ini.

Sampai di sini sobat sudah sukses membuat tulisan berefek cermin. Silahkan di kembangkan sendiri ya. Selamat berkreasi. nantikan tutorial photoshop berikutnya

Tutorial video membuat tulisan efek cermin di photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih